Kamis, 21 Januari 2010

MARGA SILALAHI DI TOLPING DAN PANGURURAN , SAMOSIR

Sebagaimana yang terangkum dari berbagai sumber di Silalahi Nabolak, keberadaan marga Silalahi yang tinggal di Tolping dan Pangururan berasa dari : 
  1. SIRAJA TOLPING, adalah keturunan Partada anak Debangraja (Ompu Sinabang) dari Pangururan.
  2. SIBURSOK RAJA , adalah anak Debangraja dari Silalahi Nabolak yang menamai dirinya Ompu Sinabang atau kemudian bernama Ompu Lahi Sabungan, yang dimakamkan di Pangururan.
  3. SIRAJA BUNGA-BUNGA atau RAJA PARMAHAN marga SILALAHI , adalah keturunan Sondiraja dari Silalahi Nabolak
Perlu ditambahkan bahwa menurut kebiasaan atau adat di Samosir, semua marga Silalahi selalu mengakui “ Bona Ni Pasogit “ Silalahi Nabolak. Hal ini membuktikan bahwa semua marga Silalahi yang tinggal di Pangururan atau Tolping juga berasal dari Silalahi Nabolak.

KEDUDUKAN MARGA SILALAHI DI BIUS PANGURURAN
Partano Golat atau penguasa / pemilik tanah adat Bius Pangururan yang disebut Sitolu Hae Horbo adalah :
  1. Naibaho
  2. Sitanggang
  3. Simbolon
Dari marga tanah ini terbentuk Raja partali dari cabang tiap – tiap marga atau marga pendatang yang masuk bagian dalam marga Partano Golat , misalnya :
  1. Raja Partali dari Naibaho : Siahaan, Hutaparik, Sitangkaraen, Sidauruk, dan Siagian.
  2. Raja Partali dari Sitanggang : Sigalingging, Malau, dan Sinurat.
  3. Raja Partali dari Simbolon : Tamba, Nadeak, dan Silalahi.
Dari susunan diatas dapat dilihat bahwa kedudukan marga Silalahi di Bius Pangururan adalah rendah, hanya sebagai Raja Partali dari Simbolon, karena sebagai marga pendatang. 

SILALAHI RAJA ADALAH HOAX (NGAWUR)
Aksi walk-out dan pernyataan kelompok Silalahiraja sebagai utusan dari Pangururan dan Tolping dalam MUBES-2 Pomparan Raja Silahi Sabungan se-Indonesia 1968 di Silalahi Nabolak, dianggap ngawur dan mengada-ada. Dari Pangururan misalnya bersikukuh menyuarakan bahwa Ompu Lahi Sabungan adalah Raja Silahi Sabungan, padahal dalam tarombo di Silalahi Nabolak ( sebagai mana telah ditulis diatas ) bahwa Ompu Lahi Sabungan adalah SIBURSOK RAJA keturunan (anak) Debang Raja dari Silalahi Nabolak. Demikian halnya dengan Silalahi Raja Tolping adalah keturunan Silalahi dari Pangururan, keturunan ( putra ) dari Partada , putra Sibursok Raja ( Ompu Lahi Sabungan ), Putra Debangraja di Silalahi Nabolak.

1 komentar: