Rabu, 30 Desember 2009

PODA SAGU-SAGU MARLANGAN RAJA SILAHI SABUNGAN

Merujuk pada Poda Sagu-sagu Marlangan dikatakan “hamu anakhu na ualu“ memberi makna yang kuat (tegas) bahwa Raja Silahi Sabungan inginkan kesatuan / integritas dari 8 (Ualu) keturunannya. Artinya bahwa ungkapan sipitu (7) turpuk tidak tepat dan bahkan sebaiknya tidak pernah digunakan dalam konteks keturunan Raja Silahi Sabungan. Spirit Poda Sagu-sagu Marlangan menegaskan bahwa keturunan Raja Silahi Sabungan adalah 8 (delapan) maka sebutan turpuk yang sebenarnya ialah 8 (depalan) Turpuk.

BLOWING-UP ISTILAH 7 ( SIPITU ) TURPUK UPAYA PEMECAH-BELAHAN

Blowing-up istilah sipitu (7) turpuk adalah upaya mengerdilkan makna integritas keturunan Raja Silahi Sabungan. Dengan Poda Sagu-sagu Marlangan jelas menyiratkan makna spiritual keutuhan jiwa dan darah diantara keturunan Raja Silahi Sabungan. Kita selaku ketuturnan Raja Silahi Sabungan supaya tidak ikut larut serta merta mengisolasi makna Poda Sagu-sagu Marlangan dengan istilah Sipitu (7) Turpuk. Kita dengan tegas harus mengemukakan 8 (depalan) Turpuk supaya tidak memberi celah ( bagi orang-orang yang kontraversus poda Sagu-sagu Marlangan ) dalam upayanya merusak tafsir maupun tatanan unifikasi jiwa dan darah keturunan Raja Silahi Sabungan.

JANGAN MENGGUNAKAN ISTILAH 7 TURPUK

Penulis mengira, mencuatnya istilah Sipitu (7) Turpuk merupakan suatu bagian dari upaya pemecah-belahan unifikasi keturunan Raja Silahi Sabungan. Untuk itu, sebaiknya istilah Sipitu (7) Turpuk ini jangan pernah kita karena bertentangan dengan poda Sagu-sagu Marlangan. Kita coba perhatikan isi Poda Sagu-sagu Marlangan dari Raja Silahi Sabungan dibawah ini :

HAMU ANAKKU NA UALU :

INGKON MASIHAHOLONGAN MA HAMU SAMA HAMU RO DI POMPARANMU. SI SADA ANAK SI SADA BORU, NA SO TUPA MARSIOLIAN, TARLUMOBI POMPARAN MU NA PITU DOHOT POMPARAN NI SITAMBUN RAJA ON.
INGKON HUMOLONG ROHAMU NA PITU DOHOT POMPARANMU TU BORU POMPARAN NI ANGGIMU SITAMBUN RAJA ON, SUANG SONGON I NANG HO TAMBUN RAJA DOHOT POMPARANMU INKON HUMOLONG ROHAM DI BORU POMPARAN NI HAHAM NA PITU ON.
TONGKA DOKHONONMU NA UALU NA SO SA AMA SA INA HAMU TU PUDIAN NI ARI.
TONGKA PUNGKAON BADA MANANG SALISI TU ARI NA NAENG RO. MOLO ADONG PARBADAAN MANANG PARSALISIAN DI HAMU, INGKON SIAN TONGA – TONGAMU MASI TAPI TOLA, SIBAHEN UHUM NA TINGKOS NA SOJADI MARDINGKAN, JALA NA SO TUPA HALAK NA ASING PASAEHON.

Dalam berbagai blog maupun jejaring frienship lainnya , visi Raja Silahi Sabungan banyak diperbincangkan bahkan dipersoalkan. Poda Sagu-sagu Marlangan merupakan visi spektakuler Raja Silahi Sabungan untuk keturunannya di masa depan. Beberapa versi catatan yang tersaji di dunia maya semakin mengukuhkan kentalnya ikatan antara marga-marga keturunan Raja Silahi Sabungan.

VISI RAJA SILAHI SABUNGAN : SPEKTAKULER , ABADI, MULIA

Secara obyektif, visi Raja Silahi Sabungan menjadi tolak ukur bahwa 8 keturunannya kelak akan berkembang di seantero jagad raya. Untuk itu peranan Poda Sagu-sagu Marlangan menjadi suatu tuntunan abadi yang harus tetap dijungjung tinggi oleh keturunannya, sampai kapanpun dan dimanapun kelak berada.
Dewasa ini Poda Sagu-sagu Marlangan umumnya masih tetap bertahan di kalangan keturunan Raja Silahi Sabungan dari keturunannya yang tertua ( marga Sihaloho ) sampai kepada keturunannya yang paling bungsu ( marga Tambunan ) , petuah Raja Silahi Sabungan ini masih eksis dipertahankan. Raja Silahi Sabungan menyadari, agar nantinya tidak ada celah pertikaian (nantinya ) mengingat keberadaan 8 anak-anaknya terlahir dari 2 ibu yang berbeda. Tujuh (7) keturunannya ( Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Bariba Raja, Debang Raja dan Batu Raja ) terlahir dari Pinggan Matio Padangbatangari , putri Raja Parultep, dari suku Pakpak. Sedangkan Tambun Raja terlahir dari Siboru Nailing, putri Raja Mangarerak (Nairasaon) di Sibisa. Raja Silahi Sabungan seolah ingin mempertegas keturunannya, meski mereka terlahir dari ibu yang berbeda namun mereka adalah satu darah, yaitu darah Raja Silahi Sabungan.

WARISAN MULIA RAJA SILAHI SABUNGAN

Kita sebagai keturunan Raja Silahi Sabungan tentu menyikapi Poda Sagu-sagu Marlangan ini sebagai suatu warisan mulia leluhur. Bahwa kita diajarkan akan saling menghormati, menghargai dan bahkan saling memaklumi dalam menghadapi masalah / perselisihan dan menyelesaikannya selalu dengan cara-cara kekeluargaan. Demikian halnya dengan hubungan pria dan wanita. Sudah pasti diantara pri-wanita marga-marga keturunannya :

Sihaloho, Situngkir, Sipangkar, Sipayung, Silalahi, Sinagiro, Sinabang, Sinabutar, Naiborhu, Sinurat, Nadapdap, Dolok Saribu, Sidabariba, Sidebang, Pintu Batu, Sigiro, Tambun, Tambunan, Daulay, semua marga-marga ini merupakan sedarah keturunan, sebagai kakak-adik dan tidak boleh saling menikah. Bahkab juga marga Sembiring, kita perlu mempertegas Sembiring apa. Karena kalau Sembiring-nya adalah Sinupayung, Sinupangkar, Sinulaki dan Keloko, semua itu merupakan keturunan marga dari keturunan Raja Silahi Sabungan yang merantau dan berafiliasi dengan marga Sembiring di Tanak Karo Simalem.

4 komentar:

  1. ok ini appara, tetap teruskan budaya halak kita. khusunya silahisabungan. Erikson Sihaloho

    BalasHapus
  2. Poda Sagu-Sagu Marlangan
    Di ari papituhon dung lobi tonga ari, so ma gondang I. Ai godang dope sihataan. Marliot ma natorop I manghaliangi na binahen ni Silahisabungan I. Datu marhilap do patupahon I sudena. Di tonga2 ni jolma na marliot I ma ampang I na marisi sagu-sagu marlangan dohot angka sudena I, dohot ate-ate na nirusuk I. Disuru Silahisabungan ma sude hundul anakna I mangalioti ampang I, mulai sian Silalahi,sihaloho,situngkir,sirumasondi,sinabutar,sinabariba

    ,sinabang,sipintu batu,siraja tambun; I ma sian siamun sahat tu hambirang. Ala dohot disi Silalahi, pintor jongjong ma Siraja Tambun, ninna ma:"Ndang boi dohot dahahang Silalahi dison. Ai ndang marsala Silalahi tu au". Ninna Silahisabungan ma:"Ndang pola boha I doba". Ninna Siraja Tambun ma:"Ah, hamu ma disi, laho ma ahu". Ninna Silahisabungan ma: "Ate ba Silalahin laho ma ho tu sada an". Haruar ma Silalahi sian I. Ditogu ma Siraja Tambun tu lambung ni ampang I. Ninna Silahisabungan ma:"On pe nuaeng, hamuna anakku na ualu. Bahenonku ma parbolatan muna. I ma parbolatan sihaloho dohot anggina na onom I dompak siraja tambun. Na so tupa mardomu. Molo mardomu ingkon rasip. Pintor digoit Siboru Pintahaomasan ma Silahisabungan. Hundul ma nasida na dua di duru ni loloan I. Ninna ma:"On do hudok raja nami, ndang boi songon binahenmi. Aut beha mardomu di pomparan nasida sogot, sotung rasip,sotung marlangan,sotung mate. Aha be pomparanmu..?". Ninna Silahisabungan."Aah, lok ma songon I. Asa dao be langkana", ninna Siboru Pintahaomasan ma:"Oloi ma hatangku.Asa dengan sude". Jadi boha do hape..? Ninna Silahisabungan. "Poda do bahenon", ninna Siboru Pintahaomasan, "Dok ma songon on:............ I do..?, ninna Silahisabungan. "I do", ninna Siboru Pintahaomasan. Hundul ma nasida di lambung ni ampang I. Denggan ma parhundul ni nasida na ualu. Sian siamun sahat tu hambirang. Mulai sian Sihaloho, situngkir, sirumasondi, sinabutar, sinabariba, sinabang, sipintu batu, siraja tambun. Dipaherbang nasida na ualu ma tanganna be diatas ni ampang I. Marlolo ma disi raja-raja adat, datu-datu parbinoto, situan natorop. Disi do siraja oloan, ompu raja nabolon, raja padang batanghari. Ninna Silahisabungan ma: "Di hamu anakku na ualu, Sihaloho, situngkir, Sirumasondi, sinabutar, sinabariba,sinabang, sipintu batu, siraja tambun. On ma pati-patianku tu hamu, on ma poda hu tu hamu, I ma Poda Sagu-sagu Marlangan. I ma na songon parpadanan ni Sihaloho dohot angka anggina na onom on dompak Siraja Tambun:

    1. Ingkon masihaholongan ma hamu sahat ro di pomparan muna sogot.

    2. Ingkon masipatuduan papaga na lomak do hamu sama hamu sahat ro di pomparan muna sogot.

    3. Ingkon sisada roha do hamu na so tupa marbadai.

    4. Na so jadi masiolian angka gelleng muna sogot, sisada anak sisada boru.

    5. Ho pe hasian Siraja Tambun, nang pe parjolo ho tubu sian na opat on, ima: Sinabutar, Sinabariba, Sinabang, Sipintu batu; tung na so jadi do dohonmu anggim na opat on, haham do na pitu on, anggi ni na pitu on do ho, ai pulik ndang ripe-ripe partubu I songon tangga ni balatuk.

    6. Manang ise hamu na mangose padan on: Ingkon songon sagu-sagu marlangan on ma ibana rodi pomparanna sogot, ingkon songon hapur na nilomang, ingkon songon gambir na nilompa, ingkon songon pining na nibola, ingkon songon demban na nisilga, ingkon songon timbaho na nirasip, ingkon songon hubang na nigaor, ingkon songon ate-ate na nirusuk, pusu-pusu ni tostos, limpa na nigomak, raoan na nirabi, ingkon songon I ma hamu dohot pomparan muna sogot molo dilaosi hamu podangkon. On ma parpadanan dihamu songon pati-patian di pomparan muna sogot. Allang hamu na ualu ma ate-ate na nirusuk on bahen parpadanan di hamu.

    BalasHapus
  3. opung silahisabungan membawa siapudannya si tambun raja ke tolping, namun dia sembunyi sembunyi agar tidak diketahui istri pertamanya yaitu op. pintahomasan, Op Silahisabungan selalu makan sendiri dan memberi siapudannya itu air beras sebagai pengganti susu, namun dengan kebiasaan Nya, op. Pintahomasan curiga dan akhirnya mengetahui bahwa Silahisabungan membawa seorang bayi, op.pintahomasan tidak marah dan mengatakan , "jadi tambu tambu ma on di au" dengan perkataan itu maka bayi tersebut diberi nama tambun Raja dan ia lantas berdoa pada yang maha kuasa agar air susu nya ada kembali agar dapat menyusui si Tambun Raja, tidak lama berselang doa nya terkabull dan dapat menyusui si Tambun Raja, setelah remaja tambun raja dibawa oleh op.silahisabungan ke Paropo tempat 7 turpuk, disitulah permasalahan terjadi, 7turpuk ingin melakukan percobaan pembunuhan kepada anggi nya , lalu si tambun raja mengadu ke bapak nya silahisabungan dan peristiwa itu maka jadi lah perjanjian poda sagu-sagu marlangan .. itu yang saya ketahui dari bapak, opung dan opung buyut ku ..

    BalasHapus